Apa sih Beda Otak Laki-laki dan Perempuan ?

Tahukah Anda bahwa setiap otak pada awalnya adalah otak perempuan? Otak menjadi otak lelaki delapan minggu setelah pembuahan.

Louann Brizendine, M.D. adalah pelopor neuropsikiatri (saraf-jiwa), ia mengungkapkan penjelasan dari banyak pertanyaan, di antaranya:

· Mengapa perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari sedangkan lelaki hanya sekitar 7.000 kata per hari?

· Mengapa perempuan mengingat rincian pertengkaran yang tidak dapat diingat sama sekali oleh lelaki?

· Mengapa remaja putri sangat terobsesi dengan penampilannya dan berbicara di telepon?

· Mengapa pikiran tentang seks memasuki otak perempuan setiap dua hari sekali tetapi memasuki otak lelaki hampir setiap menit?

· Mengapa perempuan tahu apa yang dirasakan orang lain, sedangkan lelaki tak dapat melihat emosi kecuali seseorang menangis?

· Mengapa seorang perempuan di atas usia 50 tahun lebih mungkin mengajukan cerai daripada lelaki?

· Mengapa perempuan cenderung membentuk ikatan yang lebih dalam dengan teman perempuan mereka daripada yang dilakukan para lelaki dengan teman lelakinya?

Hal ini akan terjawab sesaat lagi….

Perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan terletak pada ukuran bagian-bagian otak, bagaimana bagian itu berhubungan serta cara kerjanya. Perbedaan mendasar antar kedua jenis kelamin itu adalah :

1. Perbedaan spasial

Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan.

2. Perbedaan verbal

Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak perempuan. Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata!

Otak perempuan memang dibuat memiliki pusat-pusat bicara yang lebih banyak di otaknya yang mendorong untuk berbicara lebih banyak dibandingkan pada otak laki-laki. Laki-laki dapat tetap merasa nyaman dalam melakukan pekerjaannya tanpa harus bicara. Bila perlu seharian penuh tahan tidak bicara. Sebaliknya, bagi perempuan merupakan ‘siksaan’ bila seharian tidak ada yang diajak bicara.

3. Perbedaan bahan kimia

Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin dan amydala dalam otak perempuan yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.

Oleh karena itu, perempuan bisa menjadi pemimpin yang lebih baik, mereka bisa mencapai ketinggian yang tak berbatas. Dan, kabar baiknya adalah, mereka bisa mewujudkannya lebih awal dan cepat ketimbang lelaki.

Bagian Insula di otak, yang memang lebih besar dan aktif, membuat mereka lebih intuitif. Tak seperti lelaki, perempuan dapat menyingkap tabir Kebenaran secara utuh, sehingga tak perlu repot bekerja dengan aneka fakta dan data yang terpisah-pisah.

Mereka dapat menjadi hakim yang lebih baik, advokat dan pengacara handal, mereka lebih baik dalam pekerjaan di mana kemampuan pengambilan keputusan amatlah penting.

4. Memori lebih kecil

Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat segala detail.

Penemuan terbaru menyatakan bahwa otak laki-laki dan perempuan berbeda, salah satu contoh dalam mengartikan kata, laki-laki hanya menggunakan otak kiri sedangkan perempuan menggunakan kedua hemisfernya.Otak kiri berfungsi mengontrol analisa berbahasa, dan pergerakan tubuh, sementara sisi kanan bertanggung jawab untuk spasial,ekspresi muka, emosi, dan intonasi suara.

Sementara itu, otak kanan dan kiri perempuan berfungsi lebih baik dibanding otak laki-laki. Hal ini akan menghasilkan perempuan lebih sensitiv menyangkut emosi, komunikasi non verbal, bahkan intuisi sangat mempengaruhi pikiran mereka. Sedangkan pada laki-laki relatif kurang dipengaruhi emosi ( area emosi berada di sisi kanan hemisfer).

Perempuan kurang menggunakan rasio, ia bukan seorang filsuf, makanya seorang pria menjadi Plato dan Socrates. Tak masalah juga. Perempuan lebih perasa, perasaanya lebih peka, mereka bisa mencintai dengan lebih baik – dan itulah yang dunia kita saat ini butuhkan. Itulah yang dibutuhkan tiap saat. Perempuan mampu memenuhi kebutuhan itu.

Acapkali ada seorang perempuan di belakang seorang pria yang sukses.

Dan, ini alamiah sekali – karena perempuan adalah personifikasi dari Kekuatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
July 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031