Bahasa Induk Kok Malah Nunduk

*OPINI

Ujian Akhir yang selalu diributkan dari masa ke masa akhirnya datang juga. Kali ini giliran Ujian Akhir Nasional  tahun pendidikan 2009 / 2010. Seperti biasa, setiap kedatangan UAN, pasti berbagai kontroversial terjadi. Dan fenomenal 2010 yang terjadi adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang nilai rata-ratanya paling rendah dibanding mata pelajaran lain yang di UN-kan. Mata pelajaran Bahasa Indonesia yang membuat anak negeri kita ini banyak yang tidak lulus. Akibat dari banyaknya siswa yang tidak lulus, maka akan menghambat karir mereka untuk melanjutkan kuliah. Dengan bahasa lugasnya dapat kita sebutkan bahwa Bahasa Indonesialah yang menghambat karir calon pemimpin bangsa kita ini.

Sebenarnya apa yang terjadi dengan bahasa induk kita ini? Apakah bahasa Indonesia bahasa yang susah dipelajari atau kita yang malas memperlajarinya. Telisik punya telisik, ternyata bahasa Indonesia di nominasikan bahasa tersulit peringkat 3 di Asia dan peringkat 15 di dunia.

Lantas, pantaskah kita mengenyampingkan bahasa kita yang direkomendasikan bahasa tersulit di dunia?

Lagi-lagi UN punya opini sekaligus survey bahwa bahasa Indonesia di kesampingkan oleh guru-guru serta siswanya dalam pembahasan soal-soal untuk Ujian Nasional. Hal ini terkait dengan banyaknya materi yang diujikan dengan waktu yang di cover selama satu minggu. Masalah waktu pun selalu di permasalahkan dalam Ujian Nasional. Dengan 6 mata pelajaran yang di press selama 3 hari apakah mungkin? Mau tak mau guru dan siswa harus memilih prioritas mana yang harus di dahulukan. Dan pelajaran bahasa Indonesia yang mendapat “award” yang akan di bahas di paling akhir.

Nah, ternyata harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Pelajaran Bahasa Indonesia yang dianggap mudah ini pun menggeliat bak cacing yang terkena garam. Bahasa Indonesia sendiri digolongkan dalam Bahasa tersulit di dunia adalah karena terlalu banyak pertikel dan pengindahan struktur bahasa. Sementara itu, staff pengajar yang melakukan transfer learning saja pun sering ragu dengan soal-soal dan kunci jawaban pelajaran ini. Jadi tidak bisa pula menyalahkan bahwa siswa tidak belajar, karena biasanya siswa ini pun ragu  dan bingung dengan materi yang diajarkan guru-gurunya, karena menurut siswa opsi-opsi soal nyaris sama. Dan mirisnya, sang guru pun juga sering ragu dengan apa yang diajarkannya .

Lain lagi ceritanya ketika anak bangsa yang sok-sokan memakai bahasa gaul. Bahasa campuran Inggris-Indonesia atau bahasa prokem ini lama-kelamaan mendarah daging dan terpatri di otak masyarakat. Hal ini juga menyulitkan para pelajar karena bagaimanapun mereka memakai bahasa ini sebagai bahasa sehari-hari. Kesulitannya ketika ujian adalah pelajar tidak dapat membedakan lagi apakah bahasa yang mereka gunakan di kehidupan sehari-harinya adalah bahasa baku atau bahasa yang tidak baku.

Dan sekarang siapakah yang patut di salahkan?

Apakah siswa, guru, atau kurikulum yang teratas nama pemerintah?

Bijaknya, tidak ada yang bisa disalahkan dalam sebuah sistem. Karena sebuah sistem itu bekerja laksana kinerja sebuah mesin. Jika bautnya hilang maka roda tak bisa berputar. Sepertinya kita harus bersama-sama mencari solusi untuk memperbaiki pemahaman kita pada bahasa induk kita ini. Kita junjung tinggi bahasa kita ini, kita lestarikan bahasa ini karena ancaman budaya semakin besar. Jangan sampai budaya kita direnggut oleh orang lain. Sebuah alat pemersatu bangsa, Bahasa Satu, Bahasa Indonesia.

Opini mengenai Ujian Nasional SMA 2010 yang banyak menidak luluskan pelajar akibat nilai bahasa indonesia yang jeblok. Dimuat dalam tugas pengantar ilmu jurnalistik / tabloid / semester 2/ 2010/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
May 2010
M T W T F S S
« Nov   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31