Jangan Asal Pilih Komunitas

Manusia menurut Aristoteles ialah zoonpolitikon yang dikodratkan hidup dalam kebersamaan (berkelompok), sebab tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Hakikat manusia yang suka berkelompok, mendasari lahirnya komunitas. Komunitas diartikan sekelompok orang yang memiliki ketertarikan dan tujuan yang  sama. Komunitas cenderung memengaruhi anggota yang ada di dalamnya.  Dengan adanya pengaruh tersebut, tak tertutup kemungkinan bahwa individu akan mendapat pengaruh positif atau negatif.
Positif, ketika kita bersama melahirkan ide-ide dan merealisasikan segala kebermanfaatan untuk diri sendiri  maupun  orang lain. Komunitas juga merupakan salah satu cara yang cukup jitu dalam melakukan perubahan. Untuk melakukan perubahan, kita membutuhkan banyak dukungan karena manusia lebih percaya diri bila banyak dukungan. Pun komunitas membuat kita dapat saling berbagi. Misalnya, dengan mengikuti komunitas ontel, kita bisa mendapatkan informasi-informasi tentang bengkel ontel atau segala hal yang tidak kita ketahui sebelumnya.
Negatifnya, bila kita salah masuk komunitas. Tak jarang kita jumpai komunitas yang hanya kongkow-kongkow saja, bahkan melakukan hal-hal yang negatif. Nah, komunitas seperti inilah yang harus dihindari. Dalam memasuki komunitas, pilihlah komunitas yang memunyai tujuan dan arahan yang jelas. Mau tak mau, kita juga harus menyelidiki latar belakang orang-orang yang tergabung dalam komunitas tersebut agar tidak salah pergaulan.

Artikel ini dimuat dalam Kompas edisi 26 April 2011 rubrik Kompas Kampus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
May 2011
M T W T F S S
« Oct   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031