Geulis Travel: Travel-nya Anak Muda

Gambar

 “Trendy and comfy”. Itulah moto dari perusahaan travel yang baru saja berdiri 11 Desember 2012 lalu.  Perusahaan tersebut bernama Geulis Travel. Geulis beasal dari kata bahasa sunda yang berarti cantik.

Geulis sendiri masih mengoperasikan dua bus jenis mikro bus setiap hari pukul 06.00 sampai 22.00 wib. Namun, seiring berjalannya waktu akan terus bertambah. Pada Maret 2013 akan bertambah menjadi 5 bus  dan bulan April-nya  sampai 7 bus.

Geulis ini didirikan oleh 5 orang di mana empat di antaranya masih berstatus mahasiswa, yaitu Lukmawan, Andro Tunggul, Irna Priyani, Lingga Haryono, dan M. Hudapitra. Geulis pun sudah memiliki 11 orang karyawan yang ditempatkan di Bandung dan Jatinangor.

Di Bandung, Anda dapat menjumpainya di jalan Dipatiukur No. 57 F lantai 2 tepatnya di ruko sebelah SPBU sekeloa. Sedangkan di Jatinangor Anda dapat menjumpainya di jalan Bandung Sumedang KM 21 No. 28, sebelah toko Rabbani.

Travel ini awal didirikannya memang ditujukan kepada mahasiswa. Hal inilah yang membuat Geulis Travel membuka paket pariwisata. “Sasaran Geulis memang mahasiwa. Karena itu kami membuat tiga paket, paket reguler dengan rute Jatinangor-Bandung, paket pariwisata, dan paket harian seperti rental mobil,” tutur Andro Tunggul Namuretha, mahasiswa Fakultas Pertanian yang sekaligus empunya Geulis Travel.

Hal ini disesuaikan dengan agenda mahasiswa. Pada jadwal kuliah Geulis lebih memprioritaskan tujuan Jatinangor-Bandung atau sebaliknya. Sedangkan, pada hari-hari libur lebih mengoperasikan paket pariwisata. Paket pariwisatanya ini pun bermacam-macam. Ada yang memang sudah disediakan Geulis rute perjalanan beserta akomodasinya dan bisa pula sesuai pesanan penumpang.

Ketika masuk ke kantor Geulis, kita akan menemukan kenyamanan yang memang beda dari travel lainnya. Ruangan ber-AC, sofa yang empuk dilengkapi TV, dan pelayanan yang ramah. Hal inilah yang membuat Dwi Hapsari, mahasiswa Pertanian Unpad nyaman menaiki Geulis. “Pelayanannya baik, dari segi armada, tempat tunggu bagus. Fasilitasnya lebih baik dari yang sebelumnya pernah saya naiki,” tutur Dwi Hapsari yang akrab disapa Cuwi ini.

Anda pun dapat menghubungi via telpon atau sms saja ke Geulis. Anda dapat menelepon ke 022-61595553 bagi yang berada di Bandung dan 022-61595554 bagi yang berada di Jatinangor.

 Hampir sama dengan yang dirasakan Cuwi, Shofa Dzakiah nyaman menaiki Geulis.  “Geulis itu berusaha menservis penumpangnya. Satu orang pun penumpangnya itu tetap jalan,” ujar Shofa mahasiswa Psikologi Unpad ini.

Beberapa hari yang lalu ia pernah tergesa-gesa ke kampus karena harus bimbingan skripsi. Waktu itu harusnya travel Geulis berangkat pukul 11.30 wib. Namun, karena Shofa sangat butuh travel tersebut, Geulis pun mengantarkan Shofa. “Iya waktu itu cuma saya penumpangnya. Rasanya saya seperti diekslusifkan Geulis,” lanjut Shofa.

Pelayanan yang ramah dapat menjadi kunci sukses bagi pebisnis. Itulah yang diterapkan Geulis Travel. “Pelayanan di ruang tunggu enak banget. Mbak dan masnya enak diajak ngobrol. Trus, saya bisa charge di mobilnya. Zaman sekarang charge udah jadi kebutuhan primer ‘kan”, tuturnya.

Pelayanan ramah kepada penumpang memang sangat ditekankan oleh owner Geulis. Hal itu karena tujuannya membuat pelayan dekat dengan klien. Dari segi armada, kursi penumpang dibuat satu-satu yang disesuaikan dengan bentuk tubuh penumpang.Hal berbeda lainnya yaitu Geulis full music. Ini yang membuat penumpang tidak bosan berkendara dengan Geulis.

Sejak kamis lalu (17/1) sampai Sabtu nanti Geulis mengadakan ekspedisi ke daerah Selatan Jawa Barat, Cipatujah sampai ke Pamengpeuk. TUjuannya mencari tempat-tempat yang belum terjamah oleh masyarakat. Menurut Lukamawan Turadarmarikma, owner Geulis, hal ini didasari karena kekayaan wisata yang ada di Indonesia. Selain itu, animo masyarakat khususnya mahasiswa yang besar dalam berwisata.

Meskipun demikian, Geulis sendiri masih kewalahan karena hanya memiliki dua travel. “Kekuranganya karena Geulis itu berangkat satu kali 90 menit. Ya, sayang banget gak bisa dinaiki buat orang yang sedang buru-buru,” tutur Shofa.

Hal yang sama juga diungkapkan Dwi Hapsari. Ia sangat menyayangkan armada Geulis yang masih sedikit karena harus menunggu lama. Padahal menurutnya, pelayanan Geulis sudah bagus.

Anak muda sebagai sasaran membuat Geulis menciptakan inovasi-inovasi. Tak jarang kita akan melihat @GeulisIndonesia yang sangat update dengan info-info. Kemudian, setiap malam minggu juga ada kuis dari Geulis di mana yang memenangkan kuis tersebut akan mendapatkan tiket gratis dari Geulis.

Setelah ditelisik, ternyata memang ada divisi khusus yang memegang media social di Geulis. Divisi ini mengurusi media seperti twitter, facebook, dan website. “Biar membangun kedekatan dengan penumpang,” tutur Lukmawan.

Inovasi lainnya, Geulis sendiri berencana membuat member card. Lalu, melakukan survey trayek kepada penumpang. “Kami melakukan inovasi berdasarkan kebutuhan atau potensi pasar. Dan, kami ada riset juga sebelumnya pakai angket,” ucap Andro. (mj02-Suci Amelia Harlen)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
January 2013
M T W T F S S
« Feb   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031