Kenali Diri Lewat Personal Branding

Gambar

Apakah Anda tau siapa Anda? Atau Anda lebih kenal dengan Julia Perez ? Zaman  sekarang banyak orang-orang yang terkena alienasi (dalam KBBI berarti terasing). Banyak orang yang tidak kenal dengan dirinya sendiri dan bahkan lebih kenal orang lain. Dari latar belakang inilah sekolompok mahasiswa Fikom Unpad mengadakan workshop Personal Branding Training.

Rabu (23/1) diadakannya  Personal Branding Training di Hotel Newton Bandung. Acara ini dimulai pukul 09.00 sampai pukul 18.00 wib. Pelatihan dikhususkan kepada mahasiswa di Bandung sebanyak 25 orang.

Acara yang digelar oleh jurusan Communication Training and Consulting (CTC) Fikom Unpad ini bertujuan mempermudah mahasiswa ketika melamar pekerjaan  nantinya.  Dengan pelatihan ini diharapkan mahasiswa sadar akan pentingnya brand diri mereka. “Acara ini juga bertujuan menonjolkan potensi diri dan mencari apa yang menarik dari diri kita,” ujar Riri, humas Personal Branding Training.

Arson, salah seorang panitia, menuturkan hal ini dilator-belakangi karena keunikan yang berbeda pada setiap individu. “Semua orang itu unik. Maka dengan keunikan itu kita mendorong seseirang untuk menggali potensi diri. Nah, Personal Branding Training ialah salah satu cara untuk memberikan kesan diri kepada orang lain,” tuturnya.

Sebelum melakukan pelatihan ini, panitia melakukan riset ke kampus-kampus mengenai materi apa yang dibutuhkan mahasiswa. Kampus yang diriset tersebut meliputi IM Telkom, Universitas Parahyangan, Universitas Padjadjaran, Universitas Bandung, dan Universitas Maranatha. Dari kuisoner yang diberikan ternyata personal branding-lah amat dibutuhkan mahasiswa saat ini.

Personal branding singkatnya ialah bagaimana cara menemukan jati diri. Personal branding tidak sama dengan pencitraan karena personal branding lebih menonjolkan potensi yang ada. Sedangkan, pencitraan ialah bagaimana Anda memoles diri Anda seperti apa yang Anda mau. “Pencitraan itu ibarat kosmetik dan instan, kalau personal branding itu esensial dan tidak bisa dibeli,” ucap Gebi Yani Bowle, trainer pada Personal Branding Training.

Semua orang pasti memiliki personal branding. Namun, memang untuk memiliki branding itu tidak gampang. Menurut Gebi, tokoh-tokoh dulu yang memiliki personal branding itu seperti Hamka, Soekarno, Hatta, Munir. Sementara, tokoh-tokoh sekarang yang memiliki personal branding itu seperti Tukul dan Andy F. Noya.

“Tukul itu berhasil memberi branding pada dirinya. Dia aslinya memang pelawak dan dia bisa memanfaatkan itu,” lanjutnya. Menurutnya, seseorang yang memiliki personal branding itu konsisten. Di panggung dan di luar orang itu tetap sama menjadi dirinya.

Adapun akar personal branding ini berasal dari ilmu psikologi. Kemudian pada perkembangannya menjadi bagian juga pada ilmu komunikasi. Komunikasi dibutuhkan sebagai alat untuk pengembangan personal branding. Maka dari itu dibutuhkanlah media sosial untuk mengembangkannya.

Media sosial sendiri diperlukan untuk “menjual diri” (mengekspresikan diri kita) dan yang kedua sebagai alat untuk mencari informasi. Melalui media sosial mahasiswa yang ingin melamar pekerjaan bisa mencari informasi mengenai perusahaan yang dituju.

“Ketidakberhasilan seseorang dalam wawancara bukan karena seseorang itu jelek. Tetapi karena potensi pelamar yang tidak match dengan perusahaan,” ujar Gebi. Ia  mencontohkan, pada saat wawancara banyak mahasiswa atau pelamar yang tidak tahu identitas perusahaan yang dituju. Misalnya, ketika ditanya “Apa yang kamu tahu tentang perusahaan?” pelamar tidak bisa menjawab apa-apa. Itulah pentingnya personal branding. (mj02-Suci Amelia Harlen)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
January 2013
M T W T F S S
« Feb   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031