Pemerintah Optimis Piwalkot Juni 2013

Gambar

Who’s the next?

BANDUNG- Terkait dana pada Pemilihan Wali Kota 2013 yang belum turun Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membenarkan hal tersebut. Menurut Tri Wahyu, Kepala Seksi Kemitraan dan Publikasi belum ada satu pun anggaran yang turun.

 “Memang untuk saat ini anggaran kegiatan belum ada yang turun. Sampai saat ini, baru kegiatan-kegiatan rutin Pemkot saja yang baru turun,” tuturnya kepada Republika, Rabu (13/2). Hal ini terkait pula dengan  SPD (Surat Penyediaan Dana) yang tak kunjung turun.

Dalam hal ini, Pemkot sudah memberikan anggaran tersebut kepada DPRD Bandung. Ketika ditemui, Dadang Fausir, staff sekretariat DPRD mengatakan  anggaran tersebut telah dibahas pada komisi Badan Anggaran pada 5 Februari lalu. “Anggarannya sendiri sudah disetujui 100 % tinggal menunggu DPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) saja,” ucapnya.

Sebelumnya Kelompok Kerja (Pokja) KPU Kota Bandung sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 55,5 milyar untuk pemilihan dua putaran. Pada putaran pertama dianggarkan Rp 39,8 milyar dan putaran kedua Rp 16 milyar.

Ketika Republika menyambangi kantor DPKAD juga dikatakan salah seorang pegawai yang tidak mau disebutkan namanya, anggaran tersebut sedang dalam proses. Ditargetkan anggaran tersebut dapat cair pada akhir Februari atau awal Maret.

Heri Sapari, Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih, Perencanaan Program Tahapan Jadwal dan Anggaran kepada Republika  berharap Pilwalkot mendapat perlakuan khusus. Namun, hal ini tampaknya belum bisa dilakukan karena menurut sumber Republika, dalam menetapkan anggaran DPKAD tidak bisa memilah-milah yang mana yang mesti didahulukan.

Dalam proses penggodokan anggaran ini memang butuh waktu yang cukup panjang karena melibatkan Pemkot, DPRD Kota Bandung, Gubernur, dan DPKAD. Sementara itu, Haru Sundharu, SSi, MSi, Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung optimis Pilwalkot akan berlangsung pada bulan Juni nanti. “Pilwalkot itu bisa diselenggarakan, gak ada masalah. Semua sudah dibahas, evaluasi dari gubernur juga sudah, tinggal Pak Wali saja harus cepat bikin firewall-nya,” tutur Haru ketika dihubungi Republika via selular. (mj02-Suci Amelia Harlen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
February 2013
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728