Pertemuan Internasional Bicara Lahan Gambut Indonesia

GambarBANDUNG-Isu perubahan iklim merupakan isu yang melibatkan negara karena bersifat global. Sebelumnya Indonesia dan Amerika Serikat lewat Presiden SBY dan Presiden Obama pernah bertemu pada 2009 di Copenhagen. Pada pertemuan tersebut telah disepakati Indonesia akan membantu mengatasi perubahan iklim dunia.

Melibatkan 50 peserta dari 10 negara, Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) dan Indonesia Climate Change Center (ICCC) memfasilitasi dialog internasional manajemen lahan gambut di Indonesia. Adapun negara yang ikut terlibat yakni Indonesia, Malaysia, Amerika Serikat, Jepang, Australia, Italia, Inggris, Perancis, Jerman, dan Belanda.

 Lahan gambut Indonesia merupakan salah satu solusi mengatasi perubahan iklim dunia. Dialog internasional ini diselenggarakan di Hotel Padma Cimbeuleuit Bandung pada 25-28 Februari 2013.

Ada berbagai macam defenisi mengenai lahan gambut. Namun, menurut Kementerian Pertanian (PERMENTAN No.14/Permentan/PL.110/2009) lahan gambut ialah  tanah hasil akumulasi timbunan bahan organik dengan komposisi lebih besar dari 65% yang terbentuk secara alami. Pembentukan ini berlangsung dalam jangka waktu ratusan tahun dari lapukan vegetasi yang tumbuh di atasnya. Proses dekomposisinya terhambat suasana anaerob dan basah. 

Dalam pertemuan ini para pakar dan pembuat kebijakan akan membahas elemen yang dilibatkan dalam pengelolaan lahan gambut, mitigasi dampak perubahan iklim dalam lingkup lahan gambut. Kemudian juga ikut membahas  tindak lanjut  mengembangkan agenda kebijakan yang dapat diambil dalam waktu dekat.

Menurut Farhan Helmy, Sekretaris Kelompok Kerja Mitigasi dan sekaligus Dewan Nasional Perubahan Iklim, manajemen lahan gambut yang akan dilaksanakan terdiri atas 5 area. “Pertama, perlindungan hutan gambut alami yang masih tersisa. Selanjutnya, restirasi lagan gambut yang kering dan terdegradasi, pencegahan kebakaran hutan gambut, pelarangan pembukaan lahan perkebunanan di lahan gambut, serta penguranagan emisi dari perkebunan-perkebunan yang terlanjur ada,” tuturnya.

Di Indonesia lahan gambut paling banyak berada di Sumatera dan Kalimantan sekitar 16 juta hektar. Lahan gambut yang semestinya tidak boleh digunakan lagi, sering dilanggar masyarakat. Di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang menjadikannya perkebunan, persawahan, bahkan pemukiman,

“Ketika lahan gambut masih digunakan, itu akan merusak. Perlu ekstra hati-hati dalam mengelola lahan gambut,” tutur Eli Nur Nirmala, Koordinator Program Pemetaan dan Klaster Lahan Gambut pada ICCC. Ia menambahkan, idealnya lahan gambut dibiarkan.

Benjamin Wohlauer, Deputi Penasihat Ekonomi dan Kepala Unit Lingkungan Hidup, Sains dan Kesehatan Lingkungan Kedubes AS menyatakan tidak ada kepentingan negara dalam mengelola lahan gambut karena sudah menjadi perhatian internasional.

“ICCC merupakan terobosan luar biasa dan tidak terdapat di negara kawasan Asia lain. Bukan tidak mungkin akan ada kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim,” tuturnya. Kerjasama Indonesia dan Amerika sendiri sudah berlangsung lama, sekitar 30-50 tahun.

Mengembalikan lahan gambut seperti semula akan sangat sulit dilakukan “Mengembalikan lahan gambut yang sudah rusak itu suatu hal yang bukan mustahil ya, mungkin, tetapi potensi keberhasilannya itu kecil. Tanaman yang bisa hidup di lahan gambut itu  yang bisa menyerap air, seperti pakis-pakisan,” tutur Eli Nur Nirmala.

Meskipun demikian, menurut Amanda Katili Niode, Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi dan Pendidikan di Dewan Nasional Perubahan Iklim, sektor swasta masih belum dilibatkan dalam pertemuan ini. Hal itu karena pertemuan yang berlangsung 3 hari ini hanya untuk mendudukkan masalah keilmiahan dan pembuat kebijakan. (mj02-Suci Amelia Harlen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
February 2013
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728