15 % Jadi Angka Mutlak Usulan Calon Wali Kota Bandung

Gambar

BANDUNG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung  melakukan sosialisasi mekanisme pencalonan pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Bandung  tahun 2013 dari partai politik. Partai politik yang mencalonkan wali kota dan wakil wali Kota Bandung haruslah yang memiliki suara 15% atau lebih dari suara pada pemilu 2009.

“Sesuai tahapan, hari ini KPU mengundang parpol untuk memberikan penjelesan tentang pencalonan dan tata pencalon dari parpol,” tutur Apipudin, Ketua KPU Bandung. Sosialisasi ini diadakan di Kantor KPU Jalan Soekarno Hatta Nomor 260 Bandung, Kamis (28/2).

Meskipun jumlah partai politik ada 34, hanya 8 partai politik yang punya kursi di parlemen. Sementara itu yang memiliki suara 15% hanyalah Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Jadi yang bisa mengusung sendiri itu hanya Partai Demokrat dan PKS saja. Kalau yang lain mau mengusung calon, harus koalisi dulu dengan partai lain agar bisa mencapai 15 %,” ujarnya.

Adapun jumalah suara yang harus dimiliki  parpol minimal  170.032 suara. Sementara jumlah total suara pada pemilu 2009 sebanyak 1.133.548 suara.

Sampai saat ini, telah ada 26 parpol yang mendaftarkan kepungurusan yang sah. Namun, hal ini akan diverifikasi ulang lagi oleh KPU Bandung kepada Kementrian Hukum dan HAM (Kemenhukam). “Jadi keputusan DPP Parpol tersebut merupakan keputusan yang dinyatakan sah oleh Menhukam,” tutur  DR. Evie Aradne Shinta Dewi, Ketua Pokja Pencalonan Pilwalkot Bandung 2013.

Diharapka Parpol cermat mendaftarkan parpolnya karena yang menentukan adalah Kemenhukam. “Parpol memang harus segera mendaftarkan keabsahan parpolnya, tetapi jangan sampai ada hal yang kurang,”  tutur Evie. KPU Kota Bandung snediri dilarang menerima perubahan kepengurusan parpol sejak pendaftaranm bapaslon.

Ada banyak hal yang perlu dicermati selain kuota 15%.  Tanda tangan ketua dan sekretaris harus tanda tangan asli dan dibubuhi cap basah parpol sesuai dengan SK. Kemudian, parpol harus menyampaikan nama lengkap bapaslon yang ditulos sama dengan nama sebagaimana yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Menurut KI Sucianto Purwodiharjo, Sekretaris Pemenangan Pilwalkot DPC PAN Bandung,  sebaiknya pilwalkot jangan dilihat dari kursi, tetapi dari leadirship. “Kalau leadership kita punya,” tuturnya.

PAN sendiri mengaku telah membangun koalisi dengan semua partai. “Silaturrahmi politik udah dibangun 2 bulan yang lalu, banyak yang mau koalisi dengan PAN. ” lanjutnya. (mj02-Suci Amelia Harlen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
March 2013
M T W T F S S
« Feb   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031