Menghadapi Gerhana Matahari Total (Bangka Belitung)

012530800_1452732263-maxresdefaultWell, berhubung saya berada di Negeri Serumpun Sebalai saat ini dan sedang gencar-gencarnya headline surat kabar memberitakan tentang negeri ini, saya ingin memberikan edukasi mengenai Gerhana Matahari Total (GMT).

Pertama kita membahas mitos dari GMT.

Masyarakat Jawa dan Bali percaya gerhana merupakan ulah Batara Kala atau Batara Kala Rau. Gerhana dianggap peristiwa ketika Batara Kala Rau, yang tinggal kepala, menelan Dewi Ratih. Cerita ini turun-temurun dan menjadi cerita favorit kala gerhana.

Halmahera punya mitos serupa. Sebagian masyarakat di sana menganggap gerhana terjadi akibat suanggi atau setan melahap matahari. Uniknya, masyarakat yang percaya mitos-mitos tadi membuat reaksi yang sama ketika gerhana terjadi. Mereka, baik di Jawa, Bali, maupun Halmahera, membuat bunyi-bunyian.

Sulawesi Selatan memiliki mitos tersendiri. Ketiadaan sementara matahari dipercaya sebagai sanksi. Agar langit kembali terang, masyarakat dilarang memakan babi.

Proses GMT

gerhana_matahari1

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari yang mencakup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Meskipun Bulan lebih kecil, bulan bayangannya mampu menutupi sinar matahari sepenuhnya karena bulan dalam jarak rata-rata 384 400 kilometer dari Bumi lebih dekat dari Matahari yang memiliki jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Fase-Fase GMT:

  • Fase K.I, adalah ketika piringan bulan dan piringan matahari mulai betemu. menandai awal dari peristiwa gerhana.
  • Fase K.II, adalah pertama kalinya seluruh piringan matahari tertutup oleh piringan bulan, untuk total gerhana matahari, atau ketika seluruh piringan bulan berada di dalam piringan matahari, untuk gerhana matahari cincin. Hubugan ini  menandai dimulainya fase gerhana total, untuk gerhana matahari total, atau cincin fase , untuk gerhana matahari cincin.

Puncak terjadinya gerhana, adalah ketika jarak antara pusat Bulan dan  pusat piringan Matahari mencapai minimum.

  • Fase K.III, adalah kebalikan Kontak II. Kontak III adalah ketika piringan matahari yang keluar dari disc bulan belakang untuk total gerhana matahari, atau ketika piringan bulan mulai meninggalkan piringan matahari, untuk gerhana matahari cincin. Interval antara Kontak II dan kontak III total fase gerhana yang panjang. Dalam gerhana matahari sebagian, fase Kontak  II dan kontak III kita tidak amati.
  • Fase K.IV, adalah ketika piringan dari matahari dan piringa bulan berpotongan meninggalkan piringan matahari dan piringan bulan yang tersisa. Kontak IV adalah kebalikan dari kontak pertama, dan menandai berakhirnya gerhana keseluruhan.

Gerhana Matahari pada 2016 ini hanya dapat disaksikan di Indonesia dan yang penuh hanya dapat dilihat pad 11 provinsi. Waktu itu, bayangan Bulan meliputi area seluas 100-150 km. Warga di wilayah Indonesia barat bisa menyaksikan fenomena tersebut pada pukul 07.30 WIB, sementara di wilayah tengah Nusantara pada pukul 08.35 Wita, dan wilayah timur pada pukul 09.50 WIT.

Apa yang dilihat peneliti?

Peneliti dari manca negara berbondong-bondong mem-booking hotel untuk menyaksikan fenomena ini. Hal itu karena fenomena gerhana matahari total adalah kesempatan bagi para peneliti untuk melakukan sejumlah riset: terkait fisika matahari maupun fisika umum. Pun kajian dampak dan keantariksaan, misalnya membuktikan teori relativitas Einstein bahwa suatu benda bisa membelokkan cahaya.

Selain itu, GMT juga membuat merubah perilaku hewan juga diperkirakan akan terjadi, terutama pada binatang malam.

 

sourch: tempo.co dan liputan6.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
March 2016
M T W T F S S
« Mar   Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031