How to be Public Relations?

Siapa yang tak kenal Bapak Boy Rafli dan Bapak Johan Budi yang sukses menjadi darling media?

boy

Beliau ada panutan saya dalam bidang humas. Penuturan bahasa yang jelas dan berempati saat menjelaskan persoalan membuat khalayak mengerti pesannya. Tak hanya itu, kepintarannya bergaul, ramah, dan pemberian informasi yang tepat membuatnya menjadi kesayangan awak media.

johan-budi-2

Baiklah, kali ini saya akan share sedikit mengenai pekerjaan saya di Humas atau PR.

Latar belakang saya adalah jurnalistik dimana kalau kata akademisi dan praktisinya itu bertolak belakang. Namun, ternyata pekerjaan ini bisa di blend loh !(kayak jus aja ya).

Mengutip dari blog tetangga http://humas-publicrelations.blogspot.co.id/. Hubungan masyarakat (humas) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi. Humas merupakan terjemahan istilah bahasa Inggris: Public Relations (sering disingkap PR) atau “Hubungan Publik”. Tanggung jawab seorang humas adalah untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

Contoh tugas Humas atau kegiatan staf PR adalah melobi, berbicara di depan publik, menyelenggarakan acara, dan membuat pernyataan tertulis. Pekerjaan seorang humas adalah  mempromosikan dan memberi pengertian akan seluruh fakta-fakta tentang runtutan situasi atau sebuah situasi dengan sedemikian rupa sehingga mendapatkan simpati akan kejadian tersebut.

Terkadang media menjadi momok yang menakutkan bagi perusahaan. Banyak dari perusahaan yang takut menghadapi media ulah wartawan tanpa surat kabar atau wartawan amplop. Beberapa oknum wartawan pun tak jarang mempelintir statement narasumber dengan motif bermacam-macam di antaranya hasutan dari pihak ketiga.

Namun, tahukah Anda bahwa wartawan yang sebenarnya bekerja dengan niat tulus dan tidak mengharapkan apa-apa selain berita? Bahkan makan siang yang diberikan pun tak termakan oleh wartawan karena semakin sibuknya mereka. Nah, hal inilah yang tak banyak diketahui oleh direksi maupun pejabat publik.

Latar belakang saya tentu saja sangat membantu dalam pekerjaan humas. Yang jelas alhamdulillah saya tidak takut menghadapi wartawan karena saya sudah merasakan  gimana jadi wartawan sebelumnya, meskipun cuma anak magang. Mindset saya mengenai wartawan pun baik. Ketika orang-orang menghindari berhubungan dengan wartawan, saya malah senang untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Intinya relations dengan wartawan, ya bisa menjadi temannya.

Tugas kita sebagai humas yakni menjadi perantara antara wartawan/media dengan atasan. Yang terpenting adalah bagaimana kita dengan jelas dan menyuluruh menyampaikan pertanyaan wartawan kepada atasan dan menyampaikan klarifikasi atau jawaban atasan kepada wartawan dalam bahasa dan gesture yang baik.

Menurut saya, basic yang harus dipegang oleh seorang adalah pergaulan, integritas, dan kebisaan menulis.Pergaulan diperlukan untuk menjalin hubungan dengan wartawan. Caranya coba kamu refleksikan bagaimana saat-saat pertamamu mencari teman. Apa yang kamu lakukan? Mungkin dengan SKSD (sok kenal sok dekat) dulu. Ya, tak jadi masalah. Kemudian, integritas juga diperlukan. Jangan sampai apa yang atasan maksudkan malah kita plintir, apa yang disampaikan kepada wartawan diberikan secara jujur. Nah yang ketiga menurut saya adalah bisa menulis karena setiap siaran pers pasti ada press release yang harus dibuat. Sebisa mungkin kita membuatnya dengan unsur 5W+1 H, sehingga press release kita dimuat di media tersebut. Ukuran bermutu atau tidaknya tulisanmu dapat dilihat dari seberapa banyak informasi yang  kita tulis di press release dimuat di media. Hal tersebut dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan seorang humas.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Blog Stats

  • 27,434 hits
November 2016
M T W T F S S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930